Comments Off on Strategi Menjawab Pertanyaan Wawancara

Strategi Menjawab Pertanyaan Wawancara

Posted by | October 4, 2011 | tips-trik

Bosan dan tidak puas dengan pekerjaan sekarang?
Kalau anda merasa yakin bisa memperoleh kesempatan kerja yang lebih baik, tidak ada salahnya anda mencoba ‘hijrah’ ke perusahaan lain. Dan, jika anda sudah menyebarkan lamaran, siap-siap saja dipanggil untuk wawancara!

Memenuhi panggilan wawancara, berarti anda harus siap menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar wawancara. Walaupun wawancara kerja bukan peristiwa mendebarkan lagi dalam hidup anda, tetapi dalam menjawab pertanyaan seputar wawancara anda tetap perlu berhati-hati. Apalagi mengingat status anda yang masih terikat di suatu perusahaan. Di bawah ini adalah enam pertanyaan umum yang biasa diajukan dalam wawancara beserta petunjuk jawabannya.

Apa yang menyebabkan anda tertarik pada pekerjaan baru ini?
Jika anda dihadapkan pada pertanyaan seperti ini, dalam menjawabnya anda harus menunjukkan bahwa anda mengenal perusahaan ini dengan baik. Dan katakan bahwa anda membutuhkan tantangan seperti yang ada di perusahaan ini. Jangan lupa untuk meyakinkan pewawancara bahwa anda akan memberikan kontribusi yang berarti pada perusahaan jika kelak diterima.

Seberapa jauh anda mengenal perusahaan ini?
Dalam menjawabnya, jabarkan pengetahuan anda tentang perusahaan, seperti tahun didirikan, produk dan jasa yang dihasilkan, prestasi dan reputasi perusahaan. Tetapi tentu saja tidak perlu melebih-lebihkan penjelasan anda. Jangan sampai anda memberikan penjelasan yang salah sehingga anda terkesan sok tahu tentang perusahaan.

Mengapa anda ingin meninggalkan pekerjaan anda yang sekarang?
Ingat, dalam menjawab pertanyaan ini jangan sekalipun anda mengkritik dan menjelek-jelekkan tempat kerja anda sekarang. Cobalah berikan alasan yang netral misalnya ada restrukturisasi baru di perusahaan atau divisi anda mengalami penurunan produktifitas, dll.

Apa kelemahan dan kekuatan anda?
Dalam menjawabnya, usahakan untuk menekankan kekuatan anda sesuai dengan uraian pekerjaan yang ditawarkan. Termasuk keahlian, ketrampilan dan karakter positif yang mendukung pekerjaan anda, seperti tekun, percaya diri, mandiri, mudah beradaptasi, dll. Kemudian samarkan kelemahan anda dengan mengungkapkannya secara positif. Misalnya “Kalau bekerja saya suka lupa waktu”.

Bagaimana anda menggambarkan diri anda 1 tahun mendatang?
Gambarkanlah bahwa anda sangat bersemangat dalam meniti karir di perusahaan ini. Dan katakan bahwa anda akan terus memberi kontribusi bagi kemajuan perusahaan. Bahkan bukan tak mungkin kalau suatu saat nanti anda akan menjadi seseorang yang cukup diperhitungkan dalam perusahaan ini.

Kontribusi seperti apa yang akan anda berikan pada perusahaan ini ?
Katakan bahwa anda akan bekerja keras dengan mengerahkan segala kemampuan, keahlian, ketrampian dan kreativitas yang anda miliki pada perusahaan. Agar lebih meyakinkan, jelaskan apa saja yang telah anda capai di perusahaan anda saat ini berikut prestasi-prestasi yang telah anda raih. Tunjukkanlah bahwa anda memang sangat berharga dan perusahaan manapun tidak akan menyesal telah mengajak anda bergabung.

Kesimpulannya, anda harus menampilkan kualitas diri anda secara positif. Dan buatlah kesan yang sangat menarik bagi si pewawancara. Sehingga mereka akan berpikir seribu kali menolak anda. Dan jika anda diterima, siap-siap aja mengajukan pengunduran diri pada perusahaan anda sekarang. Toh sah-sah saja untuk menjemput kesempatan yang lebih menjanjikan?

1169 total views, 1 today